Tentang Indonesia Honeynet Project

Seminar dan Workshop Indonesia Honeynet Project (IHP) merupakan gabungan kegiatan seminar dan workshop yang diadakan pada kampus-kampus universitas di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara akademisi, pemerintah dan praktisi keamanan siber dalam melakukan penelitian bersama dalam mendeteksi potensi ancaman dan serangan siber sehingga dapat tanggap terhadap insiden keamanan siber. Kegiatan seminar dan workshop merupakan kegiatan rutin yang diadakan secara berkala didukung oleh pemerintah: 2012 – 2017 oleh KEMKOMINFO dan 2018 – sekarang oleh BSSN.

Adapun dalam kegiatan seminar, para pakar keamanan siber akan bertukar informasi dan berbagi informasi ancaman keamanan siber yang sedang menunjukkan tren dan perlu mendapat perhatian dari semua pemangku kepentingan di berbagai institusi. Topik-topik yang dibahas dalam kegiatan seminar dikelompokkan dalam 5 topik utama penelitian IHP termasuk: Malicious Software (Malware), Deception Technology, Data Mining, Cyber Crime dan Tools.

Selain itu kegiatan workshop merupakan kegiatan yang disiapkan untuk memberikan pelatihan “hands-on” kepada peserta dalam mengembangkan berbagai kemampuan termasuk: memasang, mengumpulkan dan menganalisa data honeypot, analisis malware, tanggap insiden keamanan siber, forensik digital, Keamanan Web, Machine Learning, Kerentanan Internet of Things (IoT), dan berbagai topik keamanan informasi atau siber lainnya yang terbaru.

Kegiatan lain selain dari IHP dalah kegiatan kopdar (kopi darat), dengan jangka waktu pertemuan sekitar 3 bulan sekali dan IHPCON (IHP International Conference), yang diselenggarakan tahun 2017 (https://2017.ihpcon.id) yang bertujuan mempertemukan para pakar keamanan informasi/siber di dunia dengan para pakar keamanan siber Indonesia untuk bertukar pikiran dan memaparkan hasil penelitian terakhir dari masing-masing.

Indonesia Honeynet Project (IHP) merupakan komunitas keamanan informasi/siber yang merupakan salah satu chapter dari organisasi nirlaba Honeynet Global (https://honeynet.org) di Indonesia. IHP didirikan pada 25 November 2011, berdasarkan petisi dari 15 anggota yang mewakili Akademisi, Praktisi Keamanan Informasi dan Pemerintah yang mengajukan untuk berdirinya Honeynet Project – Indonesia Chapter yang juga didukung (“endorse”) oleh Singapore Chapter. Indonesia Chapter resmi berdiri pada tanggal 9 Januari 2012 setelah mendapat persetujuan dari Honeynet global. Pada saat artikel ini ditulis, anggota IHP sudah lebih dari 350 anggota yang terdiri kurang lebih sepertiga anggota adalah akademisi, sepertiganya ada praktisi dan sepertiganya lagi adalah pemerintah.